Sunday, February 1, 2015

Jangan Malas Bangun Pagi


Bagi anda yang lebih sering terpaksa bangun pagi dikarenakan harus bergegas menghadapi rutinitas tiap harinya perlu mengetahui bahwa mengawali hari dengan bangun pagi, meski membuat anda kadang malas rupanya banyak manfaat yang akan didapat.

Ketika anda bangun pagi maka berpengaruh terhadap kualitas fungsi otak anda, dikarenakan udara yang anda hirup di pagi hari jauh lebih bersih dengan tingkat polusi yang jauh lebih sedikit. Bahkan dengan kualitas oksigen bersih dan bebas polutan, akan mencegah kerusakan paru-paru.

Selain itu paparan sinar matahari di bawah jam 9 pagi juga bermanfaat bagi kesehatan tulang anda yang mampu memenuhi kebutuhan asupan vitamin D kalsium. Selain itu sinar matahari juga meningkatkan hormon Melatonin pada malam hari sehingga memudahkan anda tidur lelap, jadi bermanfaat bagi penderita insomnia. Sinar matahari juga mempengaruhi suasana hati anda, dimana sinar matahari mampu merangsang hormon endorphin yang memberikan efek bahagia. Bahkan dengan bangun pagi kekebalan tubuh anda pun akan menjadi lebih baik.

Jadi dengan bangun pagi, anda akan jauh lebih produktif dikarenakan anda mengawali hari dalam kondisi mood yang baik sehingga membawa kondisi yang sama selama anda menjalankan rutinitas anda hari itu. Bayangkan jika anda mengawali aktivitas anda dengan bangun lebih siang, apalagi di kondisi Jakarta yang macet dan dengan tingkat polutan tinggi. Selain anda akan merasa stress menghadapi kemacetan Jakarta dan berangkat terburu-buru akan menjadikan perubahan mood menjadi buruk dan akan berdampak terhadap produktivitas anda hari itu. Jadi apa anda sekarang masih merasa terpaksa bangun pagi?

No comments:

Post a Comment