Tuesday, February 3, 2015

Begadang Jangan Begadang


Kebiasaan begadang adalah kebiasaan yang sulit dihilangkan. Banyak alasan yang mendasari seseorang untuk begadang, misalnya  menyelesaikan pekerjaan, menonton televisi, menonton siaran sepakbola, atau sekedar ngobrol hingga lupa waktu. Kita semua tahu kalau begadang sangat berpengaruh buruk terhadap kesehatan.

Tidur yang kurang dari 6 jam akan meningkatkan probabilitas penyakit jantung dan stroke. Berdasarkan European Heart Journal, 7-8 jam adalah ukuran yang ideal. Dan tidur lebih dari 9 jam juga bisa menjadi indikasi masalah kesehatan lainnya.

Seorang pakar jantung dan epidemiologi menyatakan bahwa, begadang mempengaruhi sistem kardivaskular dan endokrin, mengganggu toleransi glukosa, dan sensitifitas untuk insulin juga terganggu. Kesemuanya bisa mengakibatkan diabetes, jantung, serta tekanan darah tinggi. Penelitian yang dilakukan tehadap 1,3 juta orang menyatakan bahwa seseorang yang tidur kurang dari 6 jam 12% lebih mungkin meninggal sebelum 65 tahun dibanding seseorang yang tidur 7-8 jam.

Rhoma Irama mengatakan kalau begadang boleh saja jika ada perlunya. Kalau tidak ada perlunya jangan sampai begadang. Ini berarti bahwa kesehatan adalah segalanya. Kelebihan materi dan harta tidak akan ada artinya jika kesehatan terganggu dan dalam kondisi sakit. Dan salah satu penyebab gangguan tersebut adalah kebiasaan begadang. Dan yang perlu diingat, tubuh kita mempunya hak. Dan salah satu hak tersebut adalah istirahat.


No comments:

Post a Comment